Tips Menjaga Kesehatan Lambung

tips kesehatanLambung yang merupakan organ tubuh manusia yang paling penting. Sebab kebanyakan penyakit yang timbul dari tubuh adalah selalu berawal dari perut. Berbagai macam makanan masuk kedalam lambung. Jika Anda tidak mengontrol berbagai asupan yang masuk kedalam lambung bukan tidak mungkin akan terjadi penolakan dari lambung Anda. Makanan yang masuk menuju lambung yang disebut dengan fundus. Kemudian makanan akan dicerna dengan bantuan cairan asam yang keluar secara otomatis dari mokusa salah satu bagian dari dinding lambung. Kemudian ada juga bagian dinding muscularis yang memiliki fungsi sebagai pengaduk makanan yang berada dalam lambung. Karena itulah lambung memiliki fungsi yang penting dalam mencerna makanan yang kemudian mendistribusikan sari makanan tersebut ke berbagai organ vital lainnya

Jadi jika kita sembarangan dalam mengkonsumsi makanan bukan tidak mungkin kita akan mengalami sakit perut. Untuk itulah ada baiknya kita membiasakan diri untuk makan secara teratur, sebab jika tidak asam lambung yang diproduksi secara terus-menerus oleh lambung. Dan jika kita terlambat makan maka asam lambung tersebut akan melukai dinding lambung. Kemudian biasakan untuk mengunyah makanan lebih lama agar meringankan kerja lambung dalam menghancurkan makanan. Lalu usahakan untuk mengkonsumsi makanan yang berserat tinggi seperti sayuran dan buah-buahan yang berfungsi untuk memperlancar pencernaan dan menghindari penyakit sembelit, wasir, tukan lambung dan sebagainya.

Dan jika ingin lambung menjadi sehat ada baiknya jika kita menghindari makanan yang asam, pedas dan manis, sebab hal demikian akan meningkatkan produksi asam lambung dan membuat empedu untuk bekerja lebih keras. Kemudian hindari minum minuman yang bersoda dan alcohol sebab hal itu akan mengakibatkan lambung terluka dan membuat tidak nyamannya lambung sehingga membuat makanan kembali naik ke kerongkongan. Jangan lupa untuk cukup minum air putih yang akan membantu melancarkan pencernaan dan melarutkan berbagai nutrisi yang diserap oleh tubuh. Kemudian jangan terlalu banyak mengkonsumsi makanan cepat saji sebab biasanya makanan tersebut mengandung MSG yang juga membahayakan bagi lambung.

Related posts:

Comments are closed.