Tips Peternakan Ayam Potong Atau Broiler

cipanasfarmTips peternakan dalam artikel ini akan membahas tentang cara beternak ayam dengan untung besar dan dengan waktu produksi yang cukup cepat. Banyak orang tertarik untuk melakukan usaha yang satu ini karena harga ayam broiler termasuk jenis harga yang cukup stabil sepanjang tahun. Belum lagi jika mendekati hari raya maka harga telur dan daging ayam pun cenderung naik sehingga tentu akan menambah untung yang bisa Anda dapatkan. Dan untuk memulainya Anda tidak harus menyiapkan aneka persiapan yang ribet dengan modal yang cukup besar. Anda bisa memulainya dengan modal secukupnya sesuai dengan jenis peternakan ayam petelur yang Anda inginkan.

Tips Peternakan Khususnya Untuk Memulai Usaha Peternakan Ayam Petelur Khusus Bagi Pemula

Untuk memulai usaha tips peternakan ayam petelur Anda bisa memulai dengan memperhitungkan modal tetap dan modal tidak tetap dalam usaha ini. Berikut perincian dari modal awal mencakup kandang, tempat makan dan minum, lampu untuk penerangan dan penghangat kandang untuk ayam petelur. Sedangkan untuk modal tidak tetap seperti ayam broiler sejumlah sesuai dengan perencanaan awal Anda dalam usaha ini, konsentrat, obat-obatan, biaya listrik dan kebutuhan rutin dalam usaha peternakan ayam petelur ini.

Berikut ini adalah tips dalam peternakan khususnya untuk beternak ayam petelur.

  • Buat kandang berkualitas

Untuk membuat kandang yang berkualitas bukan hanya memperhitungkan material yang kokoh dan awet namun juga memperhitungkan kenyamanan ayam yang hidup di dalamnya. Pastikan kandang memiliki lampu penghangat, sekat dan suhu udara yang sesuai untuk kenyamanan ayam petelur tersebut.

  • Berikan pakan

Pakan ayam petelur yang berkualitas harus memiliki protein, gizi dan mineral yang mencukupi kebutuhan ayam petelur yang Anda ternakkan. Beri pakan yang sesuai dengan kebutuhan gizi ayam secara teratur dan pastikan penempatan pakan dan minum berada di tempat yang terjangkau dengan baik oleh ayam petelur.

  • Rawat secara intensif

Dan yang terakhir Anda bisa melakukan perawatan secara intensif khususnya di 14 hari pertama ternak ayam broiler atau petelur karena masa rentan ayam yang di ternakkan adalah pada masa tersebut. Setelah masa itu lewat baru Anda bisa santai dalam melakukan perawatannya. Selengkapnya ada di cipanasfarm.com.

Related posts:

Comments are closed.