Tips Sehat Selama Puasa

5-tips-makan-sehat-selama-puasa-ramadan

Bulan Ramadan merupakan bulan ketika seluruh umat Muslim menjalankan ibadah puasa. Bagi sebagian orang, menjalankan ibadah puasa mungkin terasa berat karena berbagai alasan, salah satunya ialah faktor kesehatan. Memang, beberapa ulama bahwa puasa tidak diwajibkan bagi orang-orang yang sedang sakit. Namun, ada beberapa orang yang justru mengkhawatirkan kesehatan jika melaksanakan ibadah puasa. Tentu saja hal ini tidak benar, malah sebaliknya, puasa itu menyehatkan.

5 Hal Sederhana Agar Tetap Sehat Selama Puasa

Dengan berpuasa, pola hidup kita pasti berubah karena jam makan kita berubah mengikuti waktu berpuasa. Nah, agar tubuh kita bisa beradaptasi dengan baik dengan perubahan tersebut, kita perlu melakukan beberapa hal sederhana ini agar kita tetap sehat selama berpuasa sehingga ibadah puasa kita lancar.

  1. Nutrisi dan Kalori Harus Tercukupi

Selama berpuasa, kita diwajibkan menahan lapar dan dahaga sejak terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari. Ini bukanlah durasi yang singkat. Agar tubuh kita tetap fit, kita perlu menjaga asupan nutrisi dan kalori tetap seimbang.

  1. Kebutuhan Cairan Tubuh Wajib Terpenuhi

Cairan memegang peranan yang sangat vital bagi metabolisme tubuh. Selama berpuasa, kita memang rentan mengalami dehidrasi. Oleh karena itu, pastikan kebutuhan air kita selalu terpenuhi selama berpuasa, yaitu 2 liter per hari. Tidak perlu meminum air sebanyak itu sekaligus. Kita bisa membaginya di waktu berbuka, sebelum tidur, dan setelah sahur.

  1. Lakukan Aktivitas Fisik

Menjalankan ibadah puasa bukan berarti kita berhenti melakukan aktivitas fisik, lho. Meskipun berpuasa, olahraga tetap perlu dilakukan. Hanya saja, intensitas dan durasinya yang perlu disesuaikan agar tidak mengganggu ibadah. Kita bisa jogging di sore hari sambil menunggu waktu berbuka puasa.

  1. Cukup Istirahat

Nah, ini perlu kita garis bawahi. Ketika berpuasa, biasanya pola tidur kita juga berubah, sebab kita harus bangun lebih awal untuk santap sahur. Meskipun demikian, jam tidur kita sebaiknya tidak berkurang. Kita bisa menyiasatinya dengan tidur lebih awal.

  1. Konsultasikan Jika Terjadi Gangguan Kesehatan

Jika dikemudian hari muncul masalah-masalah kesehatan, jangan sampai kita biarkan saja. Segera konsultasikan keluhan kita ke dokter atau petugas kesehatan.

Related posts:

Comments are closed.