Tujuan Penulisan Daftar Pustaka

Bagi mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi atau laporan pasti akan dituntut untuk membuat penulisan daftar pustaka yang benar. Nah, selain dalam pembuatannya yang benar bagi pembuat pun juga harus paham apa tujuan membuat daftar pustaka. Daftar pustaka merupakan serangkaian daftar-daftar tulisan yang terdapat di bagian akhir laporan. Daftar pustaka akan memuat rujukan, sumber, referensi atau data-data yang diambil dari jurnal.

Tujuan Penulisan Daftar Pustaka Pada Karya Ilmiah

Pembuatan daftar pustaka akan menjadi elemen yang sangat penting di sebuah laporan atau karya ilmiah. Dalam pembuatannya juga tidak boleh sembarangan karena bersifat penting dan juga menjadi informasi bagi pembacanya. Kemudian pembuatan daftar pustaka terkadang membuat pembuatnya merasa sulit karena ada beberapa aturan dalam pembuatannya. Nah, sebelum membuat daftar pustaka sebaiknya ketahui dahulu tujuan penulisannya untuk apa.

Tujuan utama penulisan daftar pustaka di karya ilmiah yang pertama adalah untuk membantu para pembaca menelusuri detail atau sumber lain yang terdapat di dalam daftar pustaka. Sehingga pembaca mendapatkan referensi informasi lainnya berdasarkan dari daftar pustaka yang terdapat di karya ilmiah tersebut.

Selain itu, daftar pustaka juga dibuat sebagai salah satu bentuk apresiasi dan juga menghargai penulis terhadap karyanya yang digunakan sebagai sumber referensi pada suatu karya ilmiah. Sehingga tujuan ini bisa disimpulkan supaya tidak dikatakan plagiat karena mengambil atau menulis informasi dari sumber lain. Sehingga harus mengapresiasi tulisan orang lain yang dimasukkan ke dalam karya ilmiah.

Kemudian, pembuatan daftar pustaka ini bertujuan supaya menujukan bahwa tulisan atau karya ilmiah yang dibuat ini tidak asal-asalan. Melainkan ada sumber informasi yang akurat sesuai dengan bidang keahliannya masing-masing. Tentunya pembuatan karya ilmiah tidak sembarangan menulis atau membuatnya tanpa didasari dengan informasi-informasi yang jelas.

Terakhir, untuk memberikan informasi kepada pembaca mengenai tempat terbit dan juga kotanya. Selain itu, daftar pustaka sudah menjadi ciri khas yang terdapat di karya ilmiah sebagaimana penulisannya itu harus benar dan tepat. Nah, jadi seperti itulah tujuan penulisan daftar pustaka yang terdapat di sejumlah karya ilmiah atau tulisan-tulisan yang lainnya.

Related posts:

Comments are closed.