Yuk Simak! Cara Memperbanyak ASI

cara memperbanyak asiASI merupakan makanan pertama dan terbaik yang harus diberikan Ibu kepada anaknya. Lagi pula apabila Ibu tidak menyusui, maka risiko  bagi Ibu terkena penyakit pun akan muncul. Seorang Ibu yang akan lebih memilih menyusui anaknya secara langsung dari pada membiarkan anaknya minum susu formula. Penting bagi Ibu mengetahui Cara Memperbanyak ASI untuk kebutuhan gizi anaknya. Secanggih apapun teknologi, tidak ada yang mampu menggantikan ASI, susu formula tidak mampu menggantikan ASI. Jika air susu tidak keluar, Ibu jangan khawatir apalagi stress, hal itu malah akan mengganggu hormon oksitoksin yang membantu keluarnya air susu ibu (ASI). Bayi akan baik-baik saja tanpa makanan apa pun selama beberapa hari. Tunggu saja sampai ASI keluar.

Bagaimana Cara Memperbanyak ASI?

Cara Memperbanyak ASI yang dilakukan di kalangan ibu-ibu yaitu dengan menggunakan suplemen. Penggunaan suplemen dapat meningkatkan produksi susu. Akan tetapi Anda harus memperhatikan betul-betul suplemen yang Anda gunakan. Karena salah-salah malah mempengaruhi kesehatan Anda dan Bayi Anda. Memilih suplemen yang tepat sangat penting bagi kesehatan Ibu dan bayi. Penggunaan suplemen sebaiknya dikonsultasikan kepada Dokter, Bidan atau ahlinya yang menangani Anda. Setelah yakin, akan kualitas suplemen tersebut baru Anda bisa menggunakan suplemen tersebut sesuai anjuran dokter. Penggunaan suplemen juga diimbangi dengan konsumsi makanan bergizi seimbang, sayuran, buah, dan susu.

Cara Memperbanyak ASI yang dapat dilakukan oleh Ibu yaitu dengan melakukan skin to skin nurse, yaitu saat menyusui, antara ibu dan bayi bersentuhan kulit secara langsung tanpa ada kain yang menghalangi. Hal ini juga dapat meningkatkan ikatan batin antara ibu dan anak. Kemudian yang harus diperhatikan oleh Ibu semasa hamil dan menyusui adalah menjaga pola makannya, karena hal ini bisa mempengaruhi kesehatan Ibu. Jika Ibu sehat maka bayinya juga akan sehat. Wanita menyusui membutuhkan tambahan 500 kalori per hari. Ibu dapat mengonsumsi makanan seperti daging, ayam dan ikan, karena mengandung protein, yang dibutuhkan oleh ibu hamil dan menyusui. Seorang Ibu menyusui harus pintar-pintar memilih makanan, terutama yang dapat memperlancar keluarnya ASI seperti daun katuk.

Related posts:

Comments are closed.