Alasan-alasan Yang Menyebabkan Harus Mandi Wajib

Bagi umat Islam mandi wajib adalah hal yang biasa dilakukan dan merupakan wajib hukumnya. Nah, ada banyak sekali hal-hal yang menyebabkan seseorang itu diwajibkan untuk mandi besar. Mandi besar merupakan salah satu syarat sah untuk melakukan ibadah sholat sehingga dalam keadaan suci. Nah, biasanya yang melakukan mandi besar adalah masyarakat beragama Islam yang sudah dewasa atau sudah baligh.

Dasar harus melalukan mandi besar pastinya ada alasannya sehingga masyarakat diwajibkan untuk menyucikan diri dan membersihkan diri dengan cara mandi besar. Mandi besar ini tidak boleh dianggap remeh karena bukan kegiatan yang biasa saja namun menyangkut dengan kegiatan ibadah yang dilakukan oleh masyarakat yang beragama Islam. Nah, bagi Anda yang ingin tahu apa penyebab atau alasan perlu menjadi besar berikut penjelasannya.

Penyebab Dan Alasan Harus Mandi Wajib

Penyebab dan alasan-alasan harus melalukan mandi wajib adalah :

  1. Keluar air mani dan berhubungan badan

Nah, alasan seseorang itu diwajibkan untuk mandi besar salah satunya adalah keluar air mani dan berhubungan badan. Bagi masyarakat yang melakukan hubungan badan tetapi tidak keluar air mani itu tetap diwajibkan untuk mandi besar dan mensucikan diri.

  1. Setelah haid

Alasan kedua adalah bagi wanita yang mengalami menstruasi setelah selesai diwajibkan untuk mandi besar. Wanita dewasa yang sudah balig biasanya akan ditandai dengan menstruasi dan untuk membersihkan diri dan bisa mengerjakan shalat maka wajib melakukan mandi besar.

  1. Setelah nifas dan melahirkan

Alasan ketiga adalah bagi wanita yang baru melahirkan dan setelah selesai masa nifas. Nah, untuk wanita yang melahirkan dengan cara operasi sesar juga tetap wajib melalukan mandi besar. Apalagi bagi wanita yang nifas dan setelah selesai masa nifas perlu membersihkan badan dengan cara mandi besar.

  1. Mandinya jenazah

Alasan keempat adalah mandinya jenazah sebelum dikebumikan kecuali meninggalkan dalam keadaan mati syahid. Mandinya jenazah akan dilakukan oleh sanak saudara dan juga sesuai dengan jenis kelaminnya. Jika perempuan maka yang memandikan perempuan dan begitu sebaliknya.

Nah, itulah beberapa sebab dan alasan-alasan mengapa Anda harus mandi wajib.

Related posts:

Comments are closed.