Alasan Indonesia Membeli Saham Freeport 51 Persen

Langkah yang dilakukan pemerintah agar bisa mendapatkan saham Freeport dan bisa menguasai semua tambang emas di PT tersebut lewat proses divestasi Freeport. Freeport ini adalah salah satu anak perusahaan pertambangan di Amerika yang menguasai tambang emas yang ada di Papua. Memang dulu ada kesepakatan yang dibuat oleh pemerintah dan juga pihak Freeport tetapi perjanjian inilah yang malah menyulitkan proses pengambilan alih PT tersebut. Dengan Freeport menjual saham yang dimiliki merupakan peluang bagus untuk bisa mengambil alih kekuasaan dari Freeport.

Alasan pembelian saham Freeport oleh Indonesia

Dulu memang sangat sulit untuk bisa mendapatkan saham Freeport, tetapi dengan lebih terbukanya PT ini membuat pembelian saham lebih mudah dilakukan. Freeport telah melakukan divestasi Freeport yang akan menjadi jalan Indonesia bisa memiliki lima puluh persen dari saham total. Dari pada mengambil alih waktu kontrak kerja habis lebih baik membeli saham secara terbuka, jadi tidak ada rahasia diproses ini. Alasan Indonesia masih berminat membeli saham Freeport ini adalah sebagai berikut.

  • Masih Ada Emas Yang Bisa Dikelola

Alasan utama adalah meskipun sudah dikelola selama puluhan tahun di tambang emas yang dikelola Freeport ini masih ada emas yang diperkirakan lebih besar dari emas-emas yang ada di dunia ini. Jadi masih tidak merugi jika membeli saham Freeport ini, selain itu juga dengan jumlah emas yang masih tersedia akan membuat pendapatan negara bisa bertambah dengan menjual semua emas tersebut dengan benar.

  • Ingin Membuka Lapangan Kerja Untuk Masyarakat Pribumi

Alasan yang berikutnya adalah pemerintah Indonesia ingin membuat masyarakat pribumi mendapatkan pekerjaan yang layak. Memang untuk pekerja dari Freeport sekarang masih diambil dari luar negeri dan masyarakat pribumi hanya mendapatkan posisi sebagai buruh saja. Dengan gaji yang didapatkan dari posisi tersebut jelas tidak akan bisa mencukupi kebutuhan hidup, jadi dibutuhkan posisi yang lebih tinggi.

Itulah beberapa alasan yang membuat Indonesia masih mau membeli divestasi Freeport, memang yang namanya sumber daya alam lebih baik dikelola oleh sendiri biar semua pihak merasakan keuntungannya.

Related posts:

Comments are closed.