Ancaman Siber bagi Para Pemilik Akun Bukalapak

Adanya marketplace merupakan salah satu produk teknologi. Perkembangan ini tidak serta merta hanya memberikan keuntungan untuk para penggunanya. Seiring dengan keuntungan yang diberikan juga terdapat ancaman siber yang dapat menyerang. Ancaman siber tak hanya menyerang marketplace namun ada pula ancaman cyber KPU dan siber untuk akun pemerintahan lainnya. Ancaman semacam ini perlu kita antisipasi, agar akun penggunaan marketplace yang kita miliki tidak mudah diretas.

Inilah Cara Menghindari Siber Bukalapak

Bukalapak merupakan salah satu marketplace besar di Indonesia. Para pemilik akun dalam marketplace ini menjadi sasaran empuk para penjahat dunia maya. Inilah tips untuk menghindari serangan siber yang dapat terjadi.

  • Gunakan alamat email yang berbeda antara satu akun marketplace dengan marketplace lain. Penggunaan alamat email sering dianggap sebagai sesuatu yang sepele. Banyak dari kita yang hanya menggunakan satu akun email untuk berbagai macam akun mulai dai akun media sosial, marketplace dan akun aplikasi lainnya. Hal inilah yang semakin memudahkan para pembobol untuk meretas akun yang kita miliki.
  • Ubahlah password secara berkala. Sebagaimana arti dari kata password yaitu kata kunci. Kata kunci disini memiliki fungsi untuk keamanan suatu akun. Jadi jagalah kunci tersebut agar kunci tersebut tidak mudah dicuri oleh orang lain. dengan mengubah password akun marketplace secara berkala semakin meminimalkan aksi para peretas ini. Tak hanya berlaku untuk akun marketplace, akun pemerintahan pun demikian karena berbagai ancaman seperti ancaman cyber KPU pun bisa tiba-tiba muncul dan meretas akun milik pemerintah tersebut.
  • Jagalah privasi data-data penting tentang diri Anda yang Anda isikan pada berbagai akun marketplace, media sosial dan akun aplikasi lainnya. Jangan masukkan data-data khusus yang memungkinkan para peretas untuk mengambil informasi penting dari diri Anda melalui akun di internet yang Anda miliki.

Perkembangan teknologi memang harus diikuti namun kita harus tetap hati-hati. Ingatlah selalu waspada karena kejahatan bisa terjadi dimana-mana. Ancaman cyber KPU dan siber-siber lainnya bisa menyerang dengan tiba-tiba.

Related posts:

Comments are closed.