Apa Hukum Melaksanakan Umroh?

Kegiatan ibadah umroh seperti umroh murah yang ditawarkan banyak agen jika diartikan menurut bahasa yaitu artinya berziarah menuju tempat yang suasananya ramai. Tetapi jika ibadah umroh diartikan menurut syarak yaitu artinya berkunjung menuju tanah suci yaitu kabah untuk melakukan ibadah. Memang terdapat beberapa pendapat yang cukup berbeda mengenai hukum melaksanakan ibadah umroh ini.

Berbagai Pendapat Mengenai Hukum Umroh

Tetapi hal yang paling disarankan yaitu paling tidak kita melakukan ibadah umroh sekali seumur hidupnya untuk mereka yang sudah mampu. Untuk lebih jelasnya simak ulasan berikut mengenai hukum beribadah Umroh, hukum umroh bisa dibilang ada 2, yaitu hukum wajib dan hukum sunnah. Pelaksanaan ibadah umroh dapat dikatakan hukumnya wajib kalau ibadah umroh baru dilaksanakan pertama kali sehingga bisa disebut Umratul Islam.

Disamping itu ibadah umroh yang dilakukan karena nazar dapat juga disebut umroh dengan hukum yang wajib. Maka dari itu, kalau Anda sudah bernazar akan melaksanakan ibadah umroh murah kalau telah berhasil mendapatkan atau menyelesaikan tertentu, maka ibadah umroh tersebut hukumnya menjadi wajib. Sedangkan ibadah umroh bisa disebut sunnah kalau ibadah umroh dilakukan dua kali serta seterusnya. Selain itu, ibadah umroh tersebut juga bukan dilakukan karena dasar nazar. Misalnya saja di tahun sekarang Anda sudah menunaikan umroh pertama kali yang wajib.

Lalu jika Anda ingin serta mampu melaksanakan ibadah umroh secara finansial pada tahun berikutnya, hukumnya sunnah. Hal tersebut berarti bahwa Anda boleh melakukannya untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dan mendapatkan pahala. Tetapi jika Anda tidak melaksanakan ibadah umroh yang kedua kali, tiga kali atau seterusnya, hal tersebut tidak apa-apa. Tetapi kalangan para ahli Fiqih berpendapat sepakat bahwa ibadah umroh memang wajib hukumnya untuk orang yang ingin menyempurnakan ibadah.

Meskipun begitu ada beberapa ulama yang memiliki pendapat berbeda mengenai hukum ibadah umroh tersebut, apakah ibadah umroh termasuk hukum sunnah atau ibadah umroh ini diwajibkan. Sekian saja ulasan mengenai ibadah umroh dan hukumnya, semoga Anda bisa lebih mengerti lagi mengenai ibadah umroh ini dan selamat menunaikan ibadah umroh murah.

Related posts:

Comments are closed.