Cara Express dalam Pemilihan Bibit Buah

Selain dijadikan sebuah pekerjaan, ternyata menanam bibit buah untuk di depan rumah menjadi kebiasaan banyak orang perkotaan. Menurut mereka, dengan menanam bibit tanaman buah, membuat pikiran stres dapat menghilang dengan mudahnya. Menanam bibit buah menjadi hal yang mudah dilakukan. Bahkan sekarang Anda sendiri dapat melakukannya hanya dengan berpedoman sebuah artikel di internet. Sebelum mulai menanam bibit buah, perhatikan dahulu bagaimana kualitas dari bibitnya.

Cara Peroleh Sebuah Bibit Buah yang Baik

Agar buah yang Anda tanam itu bagus dan rasanya pun sangat segar, maka itu akan tergantung dari bibit tanaman buah yang telah dipilih. Ketika bibit tanamannya memang bagus, pasti akan mampu menghasilkan buah terbaik juga. Berikut cara singkat dalam memilih bibit buah-buahan.

  • Periksa daunnya

Untuk mengukur tingkat kualitas buah adalah, dengan memeriksa daunnya. Warna daun diharuskan berwarna cerah. Kemudian daunnya juga harus memperlihatkan mengkilatnya. Kemudian Anda juga harus lebih teliti terhadap daunnya, apakah memang ada bekas-bekas serangan dari penyakit ataupun hama? Jika memang ada, maka curigailah dan jangan memilih bibit itu. Daun yang pernah terkena hama pasti terlihat menggulung ataupun mengeriting.

  • Periksa batangnya

Jika sudah melihat daunnya, maka sekarang Anda harus lihat batangnya. Apabila memang ada benjolannya, itu menunjukkan bahwa antara batang atas dan bawah ada ketidakcocokan. Anda perlu memilih bibit yang terdapat percabangannya. Kemudian Anda perlu lihat juga, apakah ada jamur menempel atau tidak. Jika bebas dari jamur dan tidak ada benjolan, maka itu merupakan batang yang bagus.

  • Periksa akarnya

Memeriksa akar juga harus dilakukan. Memang tidak boleh dibongkar seluruhnya, namun Anda dapat melihat akarnya dengan mengeduk sedikit. Sehingga akar-akarnya pun akan terlihat. Bibit yang subur, tentu akan memiliki akar serabut, bahkan sampai tepi poly bagnya.

  • Periksa buahnya

Apabila bibit tanamannya telah terdapat buahnya, maka Anda harus melihat dengan seksama. Jika tanaman sudah berbuah, biasanya daun akan rontok (bagi bibit yang jelek). Jadi Anda bisa memegang daunnya untuk melihat, apakah bibitnya baik atau tidak. Sekian info dari www.jualbibitunggul.com, semoga membantu.

Related posts:

Comments are closed.