Ini Penyebab Ketombe Pada Kulit Kepala

Selain rambut rontok, ketombe adalah salah satu permasalahan kesehatan pada rambut yang sering menjadi momok di masyarakat. Kulit kepala terasa gatal sehingga kegiatan menjadi terganggu. Selain itu, ketombe juga dapat menurunkan kepercayaan diri Anda di depan umum. Anda akan menjadi sering menggaruk kepala dan juga serpihan ketombe jatuh di baju Anda. Keberadaan ketombe di kepala memang sangat mengganggu meski ketombe bukanlah penyakit kulit yang berbahaya.

Penyebab Ketombe di Kulit Kepala

Ketombe disebabkan oleh bakteri yang sudah berada di tiap kepala manusia. Malassezia globosa adalah nama bakteri penyebab ketombe. Minyak di kulit kepala yang diproduksi secara alami oleh tubuh sebagian dikonsumsi oleh bakteri tersebut. Minyak atau sebum ini kemudian menjadi asam oleat. Bila seseorang sensitif terhadap asam oleat ini, maka kulit kepala Anda akan bereaksi sebagai respons iritasi.

Iritasi menyebabkan kulit meradang, memerah dan menyebabkan gatal. Akibat dari iritasi tersebut, tubuh memberikan perlindungan dengan meluruhkan sel-sel kulitnya lebih cepat dibanding biasanya. Peluruhan secara cepat inilah yang menyebabkan kulit mati rontok dan jatuh ke bahu Anda.

Sebenarnya masih ada beberapa penyebab ketombe di kulit kepala. Faktor lain penyebab tumbuhnya ketombe adalah polusi, penataan rambut, iklimĀ  dan ketidakcocokan pada shampo yang digunakan. Bila Anda terlanjur berketombe, berikut ini beberapa tindakan yang bisa Anda lakukan untuk meminimalisirnya.

  1. Sering gerai rambut

Rambut yang lembap dan terikat kuat dalam waktu yang lama dapat menyebabkan kuman semakin betah tumbuh di kulit kepala. Gerai dan sisir rambut Anda secara teratur agar sirkulasi udara ke dalam rambut lancar.

  1. Keramas

Keramas secara rutin 3 kali seminggu untuk membersihkan kotoran dan minyak yang menumpuk. Bilas dengan air bersih dan usahakan gunakan air tidak panas dan tidak terlalu dingin. Jangan terlalu sering menggunakan pengering karena dapat merusak rambut Anda.

  1. Pakai obat Antibakteri

Anda bisa gunakan obat antibakteri alami seperti jeruk nipis, lidah buaya dan minyak kemiri. Ketiga bahan alami tersebut membantu menutrisi kulit dan helai rambut Anda.

Rambut adalah mahkota, maka rawat secara baik agar terjaga keindahannya.

Related posts:

Comments are closed.