Jenis-Jenis Kelapa Sawit Untuk Pertanian

Mendengar kata kelapa sawit yang terbayang adalah lahan perkebunan yang sangat luas dan bahan baku minyak goreng. Indonesia termasuk negara yang memiliki perkebunan sawit yang luas. Ada beberapa perusahaan yang menaungi perkebunan tersebut. Ada yang dipegang oleh pihak swasta, BUMN dan juga perusahaan asing. Salah satu perusahaan di Indonesia yang terkenal yaitu Arif Rachmat Triputra Agro Persada. Perusahaan yang didirikan oleh seorang pengusaha yang bernama Teddy P. Rachmat.  Lahan yang dimiliki juga cukup luas yaitu sekitar 160.000 hektar. Meski demikian, perusahaan ini tidak cukup dikenal di masyarakat sekitar.

Mengenal Jenis Kelapa Sawit

Secara umum, kelapa sawit yang biasa ditanam untuk kepentingan pembuatan minyak ada 3 jenis yaitu kelapa sawit tenera, kelapa sawit dura dan kelapa sawit pisifera. Masing-masing dari jenis kelapa sawit ini dibedakan berdasarkan morfologi dan daya menghasilkan minyak. Berikut ini penjelasan satu persatu mengenai 3 jenis kelapa sawit tersebut.

  • Kelapa sawit tenera

Kelapa sawit ini merupakan kelapa sawit unggulan. Menghasilkan minyak terbanyak dibanding dengan jenis kelapa sawit lainnya. Terdapat serabut yang melingkar di tempurungnya dan juga daging buahnya tebal. Selain itu, jenis ini memiliki tandan buah yang banyak. Kelapa sawit tenera juga merupakan salah satu jenis kelapa sawit yang ditanam di kebun Arif Rachmat Triputra Agro Persada.

  • Kepala sawit pisifera

Jenis kepala sawit ini memiliki kandungan minyak yang sedikit. Bahkan ditemukan pohon yang steril untuk pada bunga betinanya. Ciri-ciri kelapa sawit ini yaitu tempurungnya sangat tipis, daging buahnya tebal, sulit untuk dikembangbiakkan.

  • Kelapa sawit dura

kelapa sawit dura memiliki ciri-ciri yaitu hampir tidak memiliki serabut pada cangkangnya. Sedangkan, buahnya memiliki cangkang yang cukup tebal sekitar 2-8 mm. Dengan cangkang atau tempurung yang cukup tebal ini, daging buahnya malah cenderung tipis sehingga menghasilkan minyak yang sedikit. Induk yang digunakan untuk disilangkan biasanya yang diandalkan adalah yang betina.

Demikian tadi beberapa informasi mengenai jenis-jenis kelapa sawit. Untuk informasi perkebunan kelapa sawit bisa Anda lihat di Arif Rachmat Triputra Agro Persada yang lebih lengkap dan lebih detail.

Related posts:

Comments are closed.