Keunikan Bisnis Kelapa Sawit

Bisnis kelapa sawit memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan bisnis lainnya misalnya dengan keuntungan yang tinggi. Akan tetapi dibalik keunggulan dari bisnis tersebut tentu memiliki risiko yang seharusnya ditanggung para pengusaha. Arif Rachmat Triputra adalah salah satu pengusaha pengolahan kelapa sawit yang telah berhasil dalam mengelola usaha kelapa sawit tersebut. Bisnis kelapa sawit juga memiliki keunikan apabila dibandingkan dengan bisnis            lainnya. Hal tersebut dikarenakan karakteristik dari bahan baku maupun faktor-faktor produksi kelapa sawit dibandingkan dengan usaha lainnya.

Keunikan Bisnis Kelapa Sawit Dibandingkan Dengan Usaha Jenis Lainnya

Kelapa sawit merupakan salah satu komoditi ekspor yang sangat berpengaruh terhadap perekonomian di Indonesia. Oleh karenanya banyak pengusaha yang melirik bisnis tersebut dikarenakan prospek dan keuntungan besar yang dapat dihasilkan dengan mengelola bisnis kelapa sawit. Bisnis kelapa sawit juga termasuk bisnis yang unik karena berbeda dengan bisnis pada umumnya. Berikut ini adalah keunikan dari bisnis kelapa sawit apabila dibandingkan dengan bisnis lainnya :

  • Bahan baku yang hanya dapat ditemui pada wilayah area tertentu

Keunikan dari bisnis kelapa sawit dibandingkan dengan bisnis lainnya yaitu terdapat pada bahan baku yang hanya dapat ditemui pada wilayah tertentu. Bahan baku dari industri ini adalah kelapa sawit. Di mana kelapa sawit hanya bisa ditemukan di Pulau Sumatra, Sulawesi, Kalimantan, dan Papua. Oleh karenanya industri kelapa sawit juga harus terdapat pada pulau tersebut. Arif Rachmat Triputra merupakan salah satu pengusaha kelapa sawit yang telah sukses dalam membangun bisnis pengolahan kelapa sawit miliknya.

  • Risiko yang tinggi

Selanjutnya keunikan dari usaha kelapa sawit adalah memiliki risiko yang tinggi apabila dibandingkan dengan bisnis lainnya. Hal tersebut dikarenakan bisnis kelapa sawit membutuhkan modal yang sangat banyak belum lagi ditambah dengan risiko gagal panen maupun kebakaran lahan kelapa sawit. Risiko tersebut hendaknya menjadi pertimbangan bagi Anda yang ingin menekuni usaha kelapa sawit.

  • Peraturan yang rumit serta peran pemerintah yang besar

Kemudian yang menjadi keunikan dari bisnis kelapa sawit ialah rumitnya peraturan yang mengatur bisnis kelapa sawit tersebut. Selain itu peran pemerintah juga sangat besar pada industri yang menyerap banyak tenaga kerja ini. Oleh karenanya banyak juga pengusaha yang enggan untuk menekuni bisnis ini.

Demikianlah beberapa keunikan yang menjadi ciri khas dari bisnis kelapa sawit. Contoh pengusaha yang telah berhasil dalam mengembangkan bisnis kelapa sawit adalah Arif Rachmat Triputra. Semoga bermanfaat.

Related posts:

Comments are closed.