Mari Mengenal ISO 9001

Sebelum membahas tentang apa itu konsultan ISO 9001, penulis akan menjelaskan mengenai apa itu ISO 9001. ISO 9001 merupakan suatu standar internasional yang berfokus pada bidang sistem manajemen mutu, berbeda dengan ISO 45001 yang ada pada bidang keselamatan dan kesehatan kerja. Sertifikasi mutu atau ISO ini diberikan pada organisasi atau lembaga atau perusahaan yang telah lulus dalam memenuhi persyaratan internasional mengenai manajemen mutu produk atau jasa yang dihasilkan.

ISO 9001 merupakan standar mutu

Jadi, ISO 9001 merupakan standar internasional menyangkut manajemen mutu produk atau jasa suatu lembaga atau perusahaan atau organisasi, sedangkan ISO 45001 merupakan standar internasional mengenai keselamatan dan kesehatan tempat kerja dan pekerja. Jika ISO 45001 dicetuskan untuk memberi dampak positif dengan menurunkan angka kecelakaan kerja, ISO 9001 diterapkan dengan harapan adanya mutu yang berstandar internasional.

Dalam ISO 9001, ada pula istilah Generic. Istilah ini mengacu pada standar sama yang bisa diterapkan pada lembaga atau organisasi atau perusahaan yang berskala besar maupun kecil. Tidak mengacu pada produk tertentu, namun apa pun hasil produksi ataupun jasa dengan segala aktivitas sektor.

Jadi, fungsi konsultan ISO 9001 adalah menyediakan sertifikasi dalam hal manajemen mutu produk atau jasa. Sistem manajemen mutu pun merujuk pada pengelolaan proses produktivitas maupun segala aktivitas yang dilakukan oleh organisasi atau lembaga atau perusahaan dalam pencapaian tujuan yang ditetapkan mereka. Tujuannya mencakup produk atau jasa memenuhi kualitas yang diinginkan konsumen, sesuai peraturan yang ditetapkan juga mengenai dampak terhadap lingkungan.

Untuk mendapatkan ISO 9001 diperlukan beberapa dokumentasi dalam pencapaiannya, seperti persyaratan standar ISO 9001: 2015 yang akan dijadikan sebagai pedoman kerja. Bukti tentang penerapan sistem harus di rekan sebagai dokumentasi penerapan standar ISO 9001:2015. Dokumentasi ini menjadi bukti objektif yang menyatakan bahwa sistem manajemen ditetapkan secara efektif.

Setelah itu pihak konsultan ISO 9001 akan memberikan training mengenai Audit Internal agar auditor memiliki pedoman nantinya dalam mengaudit sistem manajemen mutu. Setelah itu, dokumentasi mengenai ISO 9001:2015 ini akan menjadi pedoman untuk pelatihan karyawan khususnya karyawan baru untukĀ  memahami proses atau tanggung jawab pekerjaannya nanti. Nah dengan adanya konsultan ini akan membantu serta menjamin kelolosan ISO suatu perusahaan.

Related posts:

Comments are closed.