Mengenal Aneka Jenis Gigi Palsu

Gigi merupakan salah satu organ tubuh yang sangat penting. Hal ini karena gigi menjadi organ yang berfungsi untuk mengunyah dan mengolah makanan sebelum sampai ke dalam lambung. Selain memiliki fungsi yang sangat penting, gigi juga menjadi bagian tubuh yang sangat berpengaruh terhadap penampilan seseorang.

Dengan memiliki gigi yang rapi dan bersih, maka kita seseorang akan terlihat semakin mempesona dan percaya diri. Sayangnya, ada beberapa keadaan yang membuat kita sering kali harus kehilangan gigi, sehingga penampilan gigi menjadi kurang menarik. Namun, hal ini bisa diatasi dengan cara memasang gigi palsu. Pada umumnya, ada empat jenis gigi pasang yang biasa diterapkan pada seseorang. Apa saja keempat jenis tersebut?

Inilah Tiga Jenis Gigi Palsu Yang Bisa Digunakan Oleh Pasien

Berikut ini adalah jenis-jenis gigi palsu yang bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan dan keadaan masing-masing pasien:

  1. Gigi palsu lengkap

Gigi pasang jenis ini biasanya diperuntukkan bagi pasien yang kehilangan semua gigi aslinya. Semua bagian gigi yang terletak di lengkungan atas dan bawah diganti dengan gigi pasang. Gigi pasang tersebut diletakkan pada rahang serta langsung dipasang pada gusi.

  1. Gigi palsu sebagian

Jenis gigi pasang yang satu ini biasanya diperuntukkan bagi pasien yang mengalami kehilangan sebagian atau beberapa gigi saja. Jadi, pasien tidak kehilangan seluruh giginya. Pemasangan gigi jenis ini biasanya dikaitkan pada bagian gigi asli, pada gusi, atau bisa juga menggunakan media penghubung yang dibuat dari plastik atau logam.

  1. Gigi palsu darurat

Seperti namanya, gigi jenis ini biasanya dipasang untuk mengatasi keadaan yang darurat. Biasanya, gigi pasien yang telah rusak harus diambil semua. Selanjutnya, pasien harus menjalankan pengobatan agar rahang dan gusi benar-benar sembuh. Jika keadaan gusi sudah membaik, maka bisa segera dipasang gigi darurat sesuai dengan kebutuhan.

Nah, itu dia beberapa jenis gigi palsu yang dikenal dalam dunia kedokteran. Setiap jenis gigi pasang tentu harus diproses sesuai dengan prosedur yang baik agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Oleh sebab itu, pastikan Anda menggunakan pengobatan dokter yang terpercaya jika ingin merawat dan memperbaiki gigi yang telah rusak.

Related posts:

Comments are closed.