Mengenal Pentingnya Memiliki NPWP Pribadi

Belum banyak orang yang mengetahui apa pengertian NPWP secara luas. Karena sebagian besar orang memang hanya mengenal NPWP sebagai kartu pajak yang hanya dimiliki oleh beberapa orang yang berkepentingan saja. Padahal seharusnya setiap warga negara harus memiliki NPWP untuk mendapatkan berbagai kemudahan dalam administrasi pajak khususnya.

Ketidaktahuan masyarakat tentang informasi seputar pentingnya memiliki NPWP dan menganggap hal tersebut bukanlah hal yang urgent membuat mereka enggan untuk membuat NPWP. Padahal pemerintah sendiri memberikan layanan pembuatan pajak yang mudah dan juga secara cuma-cuma untuk masyarakat dari semua kalangan. Lalu apa saja pentingnya memiliki NPWP pribadi?

Ketahui Seberapa Pentingnya Memiliki NPWP Pribadi Dalam Urusan Administrasi

Pengertian NPWP biasanya dipahami dengan mengetahui singkatan apa NPWP tersebut. NPWP adalah singkatan dari Nomor Pokok Wajib Pajak. Dan umumnya yang membuat NPWP adalah mereka yang membutuhkan dokumen kartu NPWP untuk satu keperluan khusus. Seperti misalnya untuk pembuatan paspor, mengurus restitusi pajak dan mengurus ijin SIUP. Hal itu akan lebih dipermudah jika Anda memiliki kartu NPWP.

  • Wajib dimiliki

Direktorat Jenderal Pajak pernah mencanangkan tahun 2015 sebagai tahun untuk melakukan pembinaan wajib pajak. Caranya dengan melakukan sosialisasi dan pengarahan pada masyarakat yang ingin membuat NPWP. Hal itu dilakukan di seluruh kalangan masyarakat tanpa kecuali sehingga mereka mengetahui betapa pentingnya memiliki NPWP.

  • Daftar secara online

Untuk bisa mendaftar memiliki NPWP Anda bisa melakukan pendaftaran secara online. Jangan khawatir karena semua bisa dilakukan dengan mudah tanpa kendala sekaligus tanpa pungutan biaya apa pun. Kunjungi saja website resmi direktorat pajak yang beralamat di www.pajak.go.id untuk mendaftar secara online.

  • Kode dalam NPWP

Menurut ketentuan yang berlaku, bahwa untuk setiap jenis wajib pajak hanya berlaku satu NPWP saja. Yang mana dalam NPWP tersebut terdiri dari 15 nomor, 9 nomor pertama adalah kode untuk wajib pajak, dan 6 nomor berikut ya adalah kode administrasi wajib pajak yang dimiliki. Itulah beberapa hal penting seputar pentingnya memiliki NPWP pribadi terutama untuk kebutuhan administrasi Anda. Sekian ulasan singkat tentang pengertian NPWP. Semoga bermanfaat.

Related posts:

Comments are closed.