Prospek Usaha Perkebunan Kelapa Sawit

Kelapa sawit adalah sejenis tanaman keras yang bisa menghasilkan minyak yang berguna untuk kehidupan manusia. Banyak sekali manfaat yang bisa diambil dari sebuah pohon kelapa sawit. Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki perkebunan sawit terbesar di dunia. Kebun-kebun tersebut tumbuh di pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi. Salah satu pengusaha muda bernama Arif Rachmat adalah seorang CEO perkebunan kelapa sawit. Beliau adalah salah satu contoh pengusaha Indonesia yang memulai bisnis kelapa sawitnya dimulai dari nol.

Manfaat Kelapa Sawit

Banyak manfaat yang dapat kita ambil dari kelapa sawit. Berikut ini beberapa manfaat kelapa sawit yang dapat dimanfaatkan.

  • Minyak goreng

Satu hal yang paling umum diketahui oleh masyarakat untuk manfaat kelapa sawit adalah sebagai bahan baku minyak goreng. Ekstrak minyak buah kelapa sawit ini mampu menghasilkan minyak yang biasa digunakan untuk kebutuhan masak ataupun lainnya. Inilah mengapa Arif Rachmat memilih kelapa sawit sebagai bisnis utamanya saat ini.

  • Sebagai pelumas

Minyak dari kelapa sawit dapat digunakan untuk pelumas mesin bagian luar. Beberapa jenis mesin lainnya menggunakan minyak kelapa sawit sebagai bahan campuran oli samping pada mesin 2 tak.

  • Bahan baku mentega

Mentega merupakan minyak yang padat. Biasanya digunakan untuk pembuatan roti. Nah, pembuatan mentega ini juga membutuhkan minyak kelapa sawit sebagai salah satu bahan bakunya.

Selain ketiga manfaat tadi, kelapa sawit juga bernilai ekonomis. Hal ini karena kelapa sawit adalah salah satu komoditas perkebunan terbesar di Indonesia. Baik kelapa sawit mentah, setengah matang dan matang dijual ekspor impor. Walaupun sebagai komoditas besar, membuat perkebunan sawit membutuhkan lahan yang luas.

Oleh sebab itu, hutan-hutan perlu ditebang untuk dibuka lahannya agar dijadikan lahan perkebunan sawit. Tentu banyak pro dan kontra mengenai pembukaan lahan sebagai perkebunan kelapa sawit. Sebagai seorang pengusaha, Arif Rachmat telah banyak belajar mengenai pembukaan lahan dan bagaimana caranya agar perkebunan yang beliau bangun dapat turut membantu perekonomian negara.

Related posts:

Comments are closed.