Tips Memberikan Pendidikan Seks Untuk Anak Usia Dini

Bagi kita generasi 80-an. Ketika kita masih kecil mungkin orang tua kita akan merasa tabu untuk menjelaskan tentang area-area sensitif pada tubuh kita, atau membicarakan tentang hubungan antara wanita dan pria yang telah dewasa. Hal itulah, yang membuat para anak yang orang tuanya merasa tabu untuk membicarakan hal tersebut menjadi penasaran dan bahkan mencari sendiri informasi mengenai hal tersebut.

Pentingnya Pendidikan Seks Untuk Anak

Hampir sebagian besar orang tua mungkin merasa pendidikan seks pada anak tidak terlalu penting untuk diberikan. Padahal, semakin besar keingintahuan mengenai seks pada diri seorang anak, maka akan semakin besar kemungkinan dia akan mencari informasi sendiri jika orang tuanya tidak memberikan pengetahuan. Hal inilah yang menjadi salah satu penyebab maraknya pernikahan usia dini. Dengan pendidikan seks di usia dini, maka anak-anak akan mengetahui bahwa melakukan hubungan seksual harus dalam ikatan pernikahan. Selain itu, anak-anak akan bisa mengetahui bahwa kondisi tubuhnya telah mengalami perkembangan ke arah dewasa. Itulah mengapa menjaga diri sangat penting untuk mereka.

Cara Memulai Pendidikan Seks Dirumah

Mungkin pertanyaan yang paling mendasar dari seorang anak adalah bagaimana dia bisa lahir ke dunia. Pertanyaan tersebut tentu akan membuat Anda merasa bingung. Jika Anda menemukan pertanyaan tersebut dari anak Anda, maka jika dia sudah berusia 6 hingga 10 tahun, maka Anda bisa menjawabnya dengan kalimat yang sebenarnya. Bahwa Anda telah mengandungnya dan kemudian dia lahir melalui jalan lahir yaitu vagina. Bagi anak-anak remaja yang sudah mulai tumbuh payudara atau bulu kemaluan, Anda juga perlu menjelaskan bahwa kini mereka telah dewasa dan harus bisa menjaga diri.

Pendidikan seks pada anak pada masing-masing usia tentunya memiliki perbedaan. Ketika anak Anda baru mulai menginjak remaja, mungkin Anda bisa menjelaskan mengenai apa itu menstruasi atau tentang mimpi basah. Setelah mereka beranjak dewasa, baru Anda bisa membicarakan tentang hubungan seksual yang dilakukan harus dalam ikatan pernikahan.

Memberikan pendidikan seks pada anak memang bukan hal yang mudah. Kita perlu memilih kalimat yang tepat agar anak-anak paham betul mengenai apa yang Anda jelaskan dan bagaimana mereka harus menjaga diri dari pergaulan bebas dan pelecehan seksual.

Related posts:

Comments are closed.