Tips Memilih Kosmetik Yang Aman Digunakan

Kosmetik merupakan suatu hal yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan para wanita. Hal ini mengingat bahwa setiap wanita selalu menggunakan kosmetik setiap harinya. Tujuan penggunaan kosmetik pun sangat beraneka ragam, mulai dari untuk menyegarkan wajah, menutupi kekurangan pada wajah, mencerahkan, atau untuk tujuan lainnya. Sayangnya, masih banyak wanita Indonesia yang masih kurang teliti dalam membeli produk-produk kosmetik, sehingga mereka terjerumus untuk menggunakan jenis kosmetik yang berbahaya.

Kosmetik berbahaya tentu bisa menyebabkan dampak negatif, baik secara langsung maupun tidak langsung. Dampak negatif yang biasanya langsung dirasakan saat menggunakan kosmetik berbahaya adalah rasa panas wajah hingga menyebabkan wajah iritasi. Kulit wajah menjadi kemerahan dan bahkan timbul noda-noda kehitaman. Sementara itu, dampak yang tidak langsung dirasakan nantinya akan dirasakan setelah beberapa tahun ke depan. Bahkan, dampak dari kosmetik berbahaya ini adalah bisa menyebabkan kanker kulit.

Tips Dan Trik Memilih Kosmetik Yang Aman Dan Tidak Mengandung Bahan Berbahaya

Bagi Anda yang ingin menggunakan kosmetik, namun tetap aman dan nyaman, maka ikutilah beberapa tips berikut ini:

  • Pilih jenis kosmetik sesuai dengan kebutuhan. Jangan menggunakan kosmetik secara berlebihan. Menggunakan kosmetik secara berlebihan bisa membuat kulit wajah menjadi jenuh, sehingga justru akan membuat kulit wajah menjadi terlihat lelah dan kurang segar.
  • Jangan menggunakan kosmetik yang tidak jelas asal-usulnya. Sebaiknya, gunakan kosmetik yang telah mendapatkan izin dari BPOM RI. Dengan begitu, maka sudah terjamin keamanannya.
  • Periksa kosmetik sebelum digunakan. Jika menimbulkan bau kimia yang sangat menyengat, maka sebaiknya jangan digunakan. Hal tersebut menunjukkan bahwa kosmetik itu mengandung bahan-bahan kimia dengan kadar yang cukup tinggi. Bau yang menyengat bisa menjadi pertanda bahwa ada bahan kimia berbahaya di dalamnya.
  • Cek kosmetik tersebut dengan mengoleskannya di tangan. Jika terasa panas atau menimbulkan reaksi negatif lainnya, maka sebaiknya jangan diaplikasikan pada wajah.

Memilih kosmetik aman dan cocok untuk jenis kulit wajah kita memang gampang-gampang sulit. Jadi, pastikan bahwa Anda tidak salah dalam memilih kosmetik. Jangan sampai Anda tertipu untuk membeli kosmetik wajah yang menjanjikan dapat memutihkan wajah secara cepat, karena bisa dipastikan bahwa kosmetik-kosmetik yang belum memiliki nomor BPOM tersebut adalah berbahaya dan cukup keras jika diaplikasikan pada kulit. Yuk, bijak dalam memilih kosmetik!

Related posts:

Comments are closed.